Senin, 13 November 2017

TEKNOLOGI DAN INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS


Nama           : Yusuf Alexander Jaya
NPM            : 1C214608
Kelas            : 4EA25
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis

Zaman sekarang ini adalah zaman modern, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, dari mulai membayar semua tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, TV berbayar, listrik, PAM dan lain-lain, cukup dengan menggunakan m-banking, dan semua bisa dilakukan dengan cara online. Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita. Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.


Dewasa ini perkembangan teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kondisi ini ditandai dengan tidak ada lagi jarak yang tidak dapat dijangkau manusia .Dimanapun kita berada, kita dapat berkomunikasi dengan siapapun melalui media komunikasi .Media Komunikasi modern disebut dengan media komunikasi massa, yaitu komunikasi yang ditunjukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar , heterogen , dan anonym melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat. Komunikasi bisnis di dunia maya dan kepanjangan tangan menuju bisnis secara dunia realnya. Perkembangan dan dampak teknologi informasi luar biasa.

Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.Dalam praktek komunikasi bisnis diperlukan sarana yang dapat menunjang proses komunikasi itu, teknologi informasi dan komunikasi yang semakin hari semakin berkembang dapat dimanfaatkan dalam praktek komunikasi bisnis.

Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dalam Komunikasi Bisnis:
1.       Pemanfaatan TI di sektor bisnis
2.       Peran TI dalam meningkatkan keunggulan kompetitif
3.       Komunikasi Bisnis dengan peranan TI dan Komunikasi
4.       Telepon sebagai media Komunikasi Bisnis
5.       Internet sebagai salah satu media Komunikasi Bisnis
6.       Adanya E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis
7.       Komunikasi yang efektif dalam Organisasi Bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi, komunikasi berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi, sehingga proses komunikasi terjadi setiap saat tanpa berhenti dan berlangsung pada saat yang hampir bersamaan di seluruh belahan dunia. Informasi dengan mudah dan cepat menyebar, bahkan nyaris tanpa penghalang apapun ��.Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui berbagai macam media. Untuk itu komunikasi bisnis tanpa adanya dukungan infrastruktur sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi tentunya tidak akan berjalan dengan lancar. Selain itu tanpa adanya peranan teknologi informasi dan komunikasi praktek komunikasi bisnis akan menjadi ketinggalan zaman, informasi yang didapat akan jauh tertinggal, dan akan membawa dampak perkembangan bisnis akan menjadi lambat. Kendala yang bisa saja muncul dalam praktek komunikasi bisnis dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi adalah selain masalah infrastruktur sarana dan prasarana, juga masalah ketidakmampuan manusia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik, juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik menjadi hambatan yang seringkali muncul dalam praktek komunikasi bisnis.

Kesimpulan:
Perkembangan Teknologi dan Informasi yang semakin cepat menuntut manusia untuk melakukan segala perubahan dalam berbagai kegiatan di kehidupannya. Persaingan dalam dunia bisnis membuat manusia untuk saling berbagi informasi melalui komunikasi yang efektif dan efisien.

Sumber:

http://m.beritajatim.com/kabaranda/1174/Pengaruh_teknologi_bagi_komunikasi_bisnis.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Bisnis Manajer

Nama           : Yusuf Alexander Jaya NPM            : 1C214608 Kelas            : 4EA25 Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis ...