A. Pengertian
Laporan Bisnis
Laporan
bisnis adalah suatu laporan yang memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki
tujuan yang jelas, dan rencana penyajian fakta kepada seseorang atau lebih
untuk tujuan bisnis tertentu.
Biasanya
diminta oleh mereka yang memiliki kewenangan yang lebih tinggi dan memiliki
suatu tujuan tertentu.
B. Kegunaan
Penulisan Laporan Bisnis
· Untuk
memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan
· Untuk
membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang
telah ditetapkan perusahaan
· Untuk
memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku
bagi perusahaan
· Untuk
mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal
maupun eksternal.
· Untuk
menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan atau
isu-isu tertentu
· Untuk
memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis baru
C. Penggolongan
Laporan Bisnis
1. Menurut
Fungsinya
· Bersifat
memberi informasi, menyajikan fakta-fakta dan rangkuman tanpa melakukan analisis,
kesimpulan, ataupun rekomendasi
· Nama
lain: Laporan Perkembangan, Laporan Sementara, Laporan Triwulan
· Laporan
Analitikal: menyajikan fakta-fakta, menganalisis, dan menafsirkannya kemudian
mengambil kesimpulan dan memberi rekomendasi. Misal: usulan (proposal)
2. Menurut
Subjeknya
Suatu
laporan dapat dibedakan berdasarkan pada departemen mana suatu laporan
diperoleh. Sebagai contoh: laporan akuntansi, laporan periklanan, laporan
pengumpulan kredit, laporan asuransi, dan sebagainya.
3. Menurut
Formalitasnya
a. Formal:
·
Laporan panjang, mencakup pendahuluan, isi, penutup,
sampul judul, halaman, surat pengesahan dan persetujuan, rangkuman ekstekutif,
daftar isi, dan daftar tabel.
b. Non
Formal:
· Biasanya
hanya mencakup pendahuluan, isi, penutup, judul halaman, pengiriman, catatan
akhir, dan lampiran.
4. Menurut
Keasliannya
a. Laporan
Otoritas
b. Laporan
Sukarela
c. Laporan
Swasta
d. Laporan
Publik
5. Menurut
Frekuensinya
a. Laporan
berkala, laporan bulanan, mingguan, dan semesteran
b. Laporan
Khusus: saat kebutuhan terhadap suatu informasi muncul
6. Menurut
Jenisnya
a. Laporan
Memorandum
b. Laporan
Surat
c. Laporan
dalam bentuk cetakan
d. Laporan
Formal
7. Menurut
Kegiatan Proyek
a. Laporan
Pendahuluan
b. Laporan
Perkembangan
c. Laporan
Akhir
8. Menurut
Pelaksanaan Pertemuan
a. Agenda
b. Resolusi
c. Notulen
d. Laporan
Pertemuan
D. Persiapan
Sebelum Menulis Laporan Bisnis
· Definisikan
masalah, tujuan, dan ruang lingkup
· Pertimbangkan
siapa yang akan menerima laporan
· Menentukan
ide atau gagasan
· Mengumpulkan
bahan yang diperlukan
· Menganalisis
dan menafsirkan data
· Mengorganisasi
data dan mempersiapkan outline akhir
E. Bagian
Pokok Laporan Bisnis
1. Pendahuluan
· Pemberi
Kuasa
· Lay
out atau rencana presentasi
· Masalah
· Maksud
· Ruang
Lingkup
· Metodologi
· Sumber-sumber
primer atau sekunder
· Latar
belakang
· Definisi
istilah
· Keterbatasan
· Rekomendasi
2. Teks
Merupakan
bagian terpanjang dari laporan. Mengembangkan dan membahas hal-hal secara lebih
detail.
3. Penutup
· Rangkuman
· Kesimpulan
· Rekomendasi
· Rencana
tindakan
· Proposal
F. Organisasi
Tubuh Laporan Bisnis
1. Cara
menyusun tubuh laporan bisnis
a. Cara
Deduktif (Bagian Penutup, Pendahuluan, atau Teks) atau Pendahuluan, Bagian
Penutup, dan Teks (Pembahasan)
b. Cara
Induktif (Pendahuluan, Teks, Bagian Penutup)
2. Cara
menyusun teks laporan bisnis
a. Membuat
topik-topik atau kriteria
b. Menyusun
urutan peristiwa atau kejadian
c. Mendeskripsikan
lokasi atau tempat
d. Menjelaskan
suatu proses atau prosedur
e. Menyusun
urutan pentingnya secara alphabet
f. Menyusun
urutan tingkat familiaritas
g. Menyusun
sumber-sumber yang digunakan
h. Pemecahan
masalah
3. Metode
Outline
Pengaturan
judul dan sub judul. Outline membantu melihat hubungan antara topik,
membandingkan proporsi dan judul, mengecek keterkaitan keseluruhan di dalam suatu
susunan.
Kesimpulan:
Laporan
bisnis sangat penting sebab sebagai suatu bentuk penyampaian sebuah informasi
dari suatu bagian organisasi atau lembaga ke lembaga yang lainnya untuk
membantu proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Suatu laporan
bisnis dapat berbentuk lisan dan tulisan, dibentuk sesuai kebutuhan perusahaan
yang bersangkutan.
Referensi:
https://simponi.mdp.ac.id/materi201120123/MJ401/072153/MJ401-072153-917-11.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar