Minggu, 19 November 2017

Komunikasi Bisnis Negosiasi Penting untuk Mendapat Klien Baru

Nama           : Yusuf Alexander Jaya
NPM            : 1C214608
Kelas            : 4EA25
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis

Dunia bisnis adalah salah satu bidang yang banyak dinikmati orang dan banyak diincar banyak orang. Salah satu hal yang membuat dunia bisnis sangat diincar adalah karena keuntungan yang didapatkan dari usaha ini. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa digeluti, antara lain adalah bisnis properti, bisnis dalam bidang pertanian, bisnis dalam bidang makanan dan lain-lain. Namun, apapun jenis bisnisnya,setiap bisnis pasti memiliki persoalan. Persoalan-persoalan tersebut dapat datang silih berganti baik dari internal maupun eksternal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka
dibutuhkan negosiasi terutama permasalahan pada pihak ketiga. Dalam negosiasi dalam bidang bisnis dibutuhkan komunikasi bisnis negosiasi, untuk memudahkan dalam proses penyelesaian. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha untuk melalukan negosiasi dalam bisnisnya.

Hadapi dengan Kepala Dingin Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha dan tim bisnisnya dalam menghadapi suatu persoalan dalam bisnis adalah menghadapinya dengan kepala dingin. Menghadapi persoalan dengan kepala dingin ini akan membuat lebih mudah dalam mencari jalan keluar dari setiap persoalan. Ada kalanya suatu persoalan datang menyulut emosi dan kemarahan Anda dan tim Anda baik yang kaitannya dengan proses produksi, modal, maupun yang kaitannya dengan klien. Maka tak ada salahnya bila Anda menghadapinya dengan kepala dingin supaya permasalahan tidak menjadi lebih parah. Sebagai seorang leader, Anda juga perlu mengingatkan kepada tim Anda untuk menghadapi persoalan dengan kepala dingin sebagai bentuk komunikasi bisnis negosiasi. Apabila Anda sebagai leader dan tim Anda dapat menghadapi persoalan bisnis yang menghampiri dengan kepala dingin, maka solusi akan lebih mudah ditemukan.
Menjadi Leader, bukan Bos Salah satu faktor yang mendorong perusahaan maju adalah managemen dari perusahaan. Sebagai seorang pemilik bisnis tertentu, Anda perlu memiliki manajemen kepemimpinan yang bagus dalam memimpin suatu perusahaan. Hal ini supaya jalannya roda perusahaan bukan hanya sebagai tempat mencari keuntungan, namun juga sebagai tempat untuk membangun modal sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemimpin menerapkan sistem kepemimpinan sebagai leader bukan sebagai bos. Ada beberapa hal yang menjadikan kepemimpinan sebagai leader berbeda dengan bos, antara lain :
·         Leader berada di garda terdepan perusahaan memberikan arahan kepada bawahan, bukan memberikan perintah layaknya bos.
·         Leader memposisikan bawahan setara dalam sisi kemanusiaan, sehingga tidak akan memberikan pekerjaan yang memberatkan karyawan.
·         Leader mendorong kemajuan individu-individu perusahaan sebagai sebuah tim, bukan menjadikan karyawan hanya sebagai buruh
·         Leader memiliki relasi yang dekat dengan karyawan, bukan hanya sebatas pada masalah pekerjaan saja.
Oleh karena itu, komunikasi bisnis negosiasi ala leader sangat penting diterapkan dalam dunia bisnis, agar bisnis berjalan sebagaimana mestinya dan para karyawan betah untuk bekerjasama dengan Anda dalam hal mengelola bisnis.
Pentingkan Kepentingan Tim, Bukan Kepentingan Individu ada kalanya suatu persoalan datang membutuhkan penyelesaian dengan segera. Ketika persoalan semacam ini datang, maka kerja sama tim antara Anda sebagai leader dengan tim Anda sangat diperlukan. Namun, tetaplah ingat bahwa, walaupun Anda sedang menggeluti dunia bisnis, namun kepentingan individu tim jangan tertutup oleh kepentingan profit. Hal ini penting karena apabila yang Anda terapkan adalah kepentingan profit, maka Anda hanya akan memerintah, bukan memberikan kenyamanan kepada para karyawan Anda untuk mengedepankan kepentingan bersama merupakan komunikasi bisnis negosiasi.


2 komentar:

Komunikasi Bisnis Manajer

Nama           : Yusuf Alexander Jaya NPM            : 1C214608 Kelas            : 4EA25 Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis ...