Kamis, 16 November 2017

Komunikasi Persuasif


Nama           : Yusuf Alexander Jaya
NPM            : 1C214609
Kelas            : 4EA25
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis




Iklan diatas menceritakan tentang anak petani, rakyat biasa yang menjadi seorang TNI untuk mengabdi kepada Negara dan Rakyat. Setelah itu ditunjukkan bahwa dia sedang berbaris dengan tulisan “ TNI DARI RAKYAT”, lalu terlihat para anggota ABRI tersebut sedang melakukan latihan dengan tulisan “INDONESIA BERANI”. Adegan selanjutnya adalah latihan perang dengan tajuk “MENJAGA KEDAULATAN NKRI, TNI MELINDUNGI RAKYAT”, lalu berlanjut kepada adegan TNI sedang melakukan bakti kepada masyarakat berupa  pembersihan sampah, pembangunan jalan. Adegan berlanjut dengan TNI yang sedang diperiksa kesehatannya oleh Dokter, dan diakhiri dengan tulisan “TNI DARI RAKYAT, TNI LINDUNGI RAKYAT DAN TNI UNTUK RAKYAT”.

Iklan layanan masyarakat diatas termasuk kedalam komunikasi persuasi dimana mengajak masyarakat Indonesia bergabung menjadi anggota TNI, untuk melindungi kedaulatan NKRI, serta melindungi dan mengabdi kepada rakyat . Dalam komunikasi persuasive ada Sikap Kognitif dan Sikap Afektif. Sikap Kognitif yaitu, perilaku dimana individu mencapai tingkat tahu pada objek yang diperkenalkan, sedangkan Sikap Afektif yaitu, perilaku dimana individu memiliki kecerendungan untuk suka atau tidak suka pada objek.

Analisis :
v  Dari segi Sikap Kognitif , masyarakat belum sepenuhnya tau bahwa TNI mengabdi kepada masyarakat, kebanyakan masyarakat hanya tau bahwa TNI hanya digunakan untuk menjaga kedaulatan. Dengan adanya iklan layanan tersebut masyarakat dapat mengetahui bahwa tugas TNI tidak hanya menjaga NKRI dan berperang, tetapi juga mengabdi kepada rakyat .
v  Dari Segi Afektif, saya sangat suka dengan iklan layanan ini, iklan tersebut menunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi TNI dan mengabdi kepada Rakyat. Iklan layanan tersebut juga bisa menambah kepercayaan masyarakat kepada TNI, dan kepercayaan tersebut akan menambah dukungan kepada TNI untuk melaksanakan tugas-tugasnya .



Sumber : https://www.youtube.co  m/watch?v=j8DHHHIDz8g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Bisnis Manajer

Nama           : Yusuf Alexander Jaya NPM            : 1C214608 Kelas            : 4EA25 Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis ...