Senin, 13 November 2017

KOMUNIKASI LISAN DAN TULISAN DALAM BISNIS



Nama            : Yusuf Alexander Jaya  
NPM             : 1C214608
Kelas             : 4EA25
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis
Dalam memahami apa arti dari komunikasi lisan maupun tertulis, kata komunikasi itu sendiri tentunya sudah sangat tidak asing atau akrab bagi siapa pun. Komunikasi memang sangat sering sekali digunakan dalam suatu interaksi bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Walaupun sudah sering atau sudah biasa dilakukan mungkin masih ada sebagai dari kalian yang belum begitu paham dalam pengertian komunikasi beserta bentuknya.


Pengertian Komunikasi Secara Etimologi
Secara etimologi komunikasi berasa dari bahasa latin yaitu “ cum ” atau kata depan yang berarti “ dengan ” atau bersama dengan dan kata “ umus ” atau sebuah kata bilangan yang berarti “ satu ”. Dua kata tersebut membentuk kata benda yakni “ Communio ”, Communio ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Comnion yang memiliki arti yaitu kebersamaan, persatuan, persekutuan gabungan, pergaulan atau hubungan.
Oleh karena itu untuk ber-comunio diperlukan usaha dan kerja maka kata itu dibentuk menjadi kata kerja Communicare sehingga artinya menjadi “ membagi sesuatu dengan seseorang tukar menukar, bercakap-cakap, berteman, bertukar pikiran, memberitahukan sesuatu kepada seseorang, berhubungan berpartisipasi atau memberitahukan.

Pengertian Komunikasi Secara Harfiah
Menurut Agus M. Hardjana dalam bukunya Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Intrapersonal 2003, Komunikasi diartikan sebagai pemberitahuan, pembicaraan, percakapan, pertukaran pikiran atau hubungan.
Komunikasi ini juga dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa bentuk, pembagian komunikasi dari segi penyampaiannya ada komunikasi lisan maupun tertulis, dari beberapa sumber kini menambahkan komunikasi elektronik.

Komunikasi Lisan
Pengertian komunikasi lisan ialah bentuk komunikasi dengan mengucapkan kata-kata secara lisan dan langsung kepada lawan bicaranya. Biasanya komunikasi lisan dapat dilakukan pada kondisi para personal atau individu yang berkomunikasi berhadapan langsung.
Contohnya, saat berkomunikasi dengan tatap muka langsung, selain itu komunikasi lisan ini juga dapat dilakukan melalui alat yang berupa computer yang telah dilengkapi dengan fasilitas konferensi jarak jauh ( computer teleconference ) dapat juga tatap muka yang melalui televise sirkuit tertutup ( closed circuit televise / cctv ).

Kelebihan dan Kekurangan
Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada komunikasi lisan ini sebagai salah satu metode komunikasi, yaitu:

A. Kelebihan Komunikasi Lisan
Beberapa kelebihan dari komunikasi secara lisan ini di antaranya:
• Menimbulkan timbale balik secara langsung, tanpa perlu menunggu respon dari komunikan,
• Dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dan jelas, dan
• Menimbulkan partisipasi atau tanggapan langsung dari komunikan 

B. Kekurangan Komunikasi Lisan
Beberapa kekurangan dari komunikasi secara lisan ini di antaranya: (Baca juga: Media Komunikasi Modern)
• Memerlukan adaptasi atau penyesuaian kondisi dan situasi terlebih dahulu sebelum berkomunikasi,
• Memerlukan suatu uraian dan penjelasan yang lebih detil, dan
• Sulit untuk didokumentasikan tanpa bantuan alat recording.

Komunikasi Tertulis
Komunikasi tertulis ialah komunikasi yang dilakukan yang melalui sebuah tulisan yang dilakukan dalam kegiatan surat menyurat yang melalui pos, telegram, telexaf, fax, e-mail dan sebagainya. Dalam dunia bisnis komunikasi tertulis ini terbilang sering dilakukan. Contoh bentuk komunikasi tertulis misalnya ketika melakukan surat-menyurat bisnis, seperti :

• Membuat dan mengirim surat teguran kepada nasabah yang menunggak pembayarannya.
• Membuat dan mengirim surat aduan ( claim ) kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat penolakan kerja.
• Membuat dan mengirim surat penawaran harga barang kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan.
• Membuat dan mengirim surat pemesanan barang ( order ) kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat permintaan barang kepada pihak lain.
• Membuat dan mengirim surat kontak kerja kepada pihak lain.
• Member informasi kepada pelanggan yang meminta informasi produk-produk baru.
• Komunikasi Lisan / Tulisan Sesuai Dengan Prosedur Perusahaan

Dalam suatu hubungan dalam bisnis komunikasi ialah hal yang terbilang sangat penting. Seringkali kita akan butuh dalam mengirimkan pesan-pesan bisnis. Untuk bertukar pesan bisnis ini, banyak orang yang lebih suka untuk berbicara ( speaking ) dari pada penulis ( writing ) pesannya. Dalam komunikasi lisan ini lebih disukai karena relatif lebih mudah, praktis ( efisien ) dan cepat dalam penyampaian pesan-pesan bisnis. Karena alasan ini para pelaku bisnis ini biasanya menyampaikan pesan bisnisnya yang melalui lisan terutama ketika membutuhkan hal-hal penting.

Untuk penyampaian pesan-pesan bisnis dengan tulisan memang relative jarang dilakukan, walaupun demikian komunikasi tertulis ini bukan berarti tidak penting dan telah ditinggalkan. Tidak semua hal atau pesan bisnis dapat disampaikan dengan komunikasi lisan. Terkadang pesan bisnis ini perlu atau harus disampaikan dalam bentuk komunikasi tertulis. Hal ini terutama pada pesan yang sifatnya sangat penting dan kompleks. Pesan yang seperti ini lebih tepatnya jika disampaikan dengan menggunakan tulisan.

Untuk bentuk-bentuk komunikasi tertulis yang sering dilakukan dunia bisnis, diantaranya ada surat-surat bisnis, memo dan laporan. Selain itu juga contoh komunikasi tertulis yang lain juga dapat dilihat dari bentuk komunikasi dari perusahaan kepada customer atau pelanggan yang berupa selebaran.

Kesimpulan
Dalam dunia bisnis dibutuhkan sebuah komunikasi yang baik dan benar, demi sebuah tujuan yang sesuai dengan rencana perusahaan. Komunikasi tersebut terdiri dari komunikasi lisan dan tertulis, perusahaan bisa menggunakan kedua cara komunikasi tersebut sesuai dengan kebutuhannya karena masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri, tinggal bagaimana cara perusahaan menyikapi dengan strategi yang sudah dibuat sebelumnya.


Referensi:

http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-komunikasi-lisan-dan-tertulis-secara-lengkap/
https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-lisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Bisnis Manajer

Nama           : Yusuf Alexander Jaya NPM            : 1C214608 Kelas            : 4EA25 Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis ...